Jumat, 04 Desember 2015

Tata Cara Shalat Witir dan Doanya



TATA CARA SHALAT WITIR DAN DOANYA

Pengertian
Shalat witir adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari dengan rakaat ganjil (shalat pamungkas setelah qiyamullail-shalat malam lainnya)
Waktu
Setelah shalat Isya hingga menjelang subuh
Jumlah Rakaat
Boleh 1,3,5, 7, 9 dan maksimal 11 rakaat. Boleh dua rakaat dua rakaat kemudian ditambah satu. Atau langsung 3 rakaat tanpa tahiyat awal.
Niat
Niat boleh di dalam hati atau dilafalkan dan boleh dengan bahasa sehari-sehari. Contoh niat shalat witir 1 rakaat:
أُصَلِّى سُنَّةَ اْلوِتْرِ رَكْعَةً  لِلّٰهِ تَعَالىَ
“Usholli sunnatal witri rok’atan lillahi ta’ala”
Artinya: Saya niat shalat witir 1 rakaat karena Allah ta’ala
Atau niat untuk 3 rakaat langsung:
أُصَلِّى سُنَّةَ اْلوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ  لِلّٰهِ تَعَالىَ
“Usholli sunnatal witri salasa roka’atin lillahi ta’ala”
Artinya: “Aku (niat) shalat sunnah witir 3 rakaat karena Allah Ta’ala”
Hadis/Dalil
“Sholat yang paling utama  setelah sholat fardhu adalah sholat (sunnah) di tengah malam (sholat Tahajjud).”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
“Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat (waktu). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )


DOA SHOLAT WITIR

اَللهم إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ اللهم رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
Artinya: "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu', ilmu yang bermanfat, keyakinan yang benar, amal yang shalih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, Tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad s.a.w, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa Akhiris Sanah (Doa Lulusan Santri)

DOA AKHIRIS SANAH بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ اَللهم اجْعَلْ حَفْلَتَنَا هَذِهِ حَفْلَةً مُبَارَكَةً وَتَفَرُّقَنَا مِن...