Jumat, 04 Desember 2015

Tata Cara Shalat Duha dan Doanya



TATA CARA SHALAT DUHA DAN DOANYA

Pengertian
Shalat Duha adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Shalat Duha lebih dikenal dengan shalat sunnah untuk memohon rizki kepada Allah, berdasarkan hadits Nabi:
”Allah berfirman: “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (Shalat Duha) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya“ (HR. Hakim dan Thabrani)
Waktu
Dimulai saat matahari terbit + 15 Menit (matahari setinggi tombak/2 meter) sedangkan batas akhirnya adalah 15 menit sebelum masuk shalat Zuhur. Sedangkan waktu yang paling afdal/utama adalah saat matahari mulai panas.
Jumlah Rakaat
2 rakaat, sedang maksimalnya adalah 8 rakaat.
Niat
Niat boleh dilafalkan boleh tidak. Niat juga bisa dengan bahasa sehari-hari. Letak niat adalah di hati. Jika dilafalkan:  
أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحىَ رَكْعَتَيْنِ  لِلّٰهِ تَعَالىَ
“Usholli sunnatad duha rok’ataini lillahi ta’ala”
Artinya : “Aku niat shalat sunnah duha dua rakaat, karena Allah ta’ala


DOA SHALAT DUHA

اَللهم اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اللهم اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu duha adalah waktu duha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rizkiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang soleh.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa Akhiris Sanah (Doa Lulusan Santri)

DOA AKHIRIS SANAH بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ اَللهم اجْعَلْ حَفْلَتَنَا هَذِهِ حَفْلَةً مُبَارَكَةً وَتَفَرُّقَنَا مِن...