Jumat, 04 Desember 2015

CONTOH MC (MASTER OF CEREMONIES) UMUM



CONTOH MC (MASTER OF CEREMONIES) UMUM

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِ اللهِ، أَمَّا بَعْدُ.

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah. Wassalatu wassalamu ‘ala rasulillah, sayyidina wamaulana muhammadibni ‘abdillah, Amma ba’du.

Yang kami muliakan ……………
Yang kami hormati ……………
Yang kami cintai ……………
Serta bapak-bapak dan ibu-ibu yang berbahagia, yang tidak kami sebutkan satu persatu, namun tidak mengurangi rasa hormat saya kepada semuanya.

Puji syukur al-hamdulillah marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah swt. Atas limpahan rahmat, taufiq, hidayah dan inayah-nya pada kita semua, sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul di majelis ini dalam acara .... (sebutkan acaranya). Dengan tanpa ada rintangan satu apapun (Amin). 

Solawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan pada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad saw. yang telah menunjukkan kita jalan yang benar serta menghindarkan kita dari jalur yang sesat dan gelap gulita. Berkat bimbingan beliau kita saat ini ada pada jalan yang hak serta diridhoi Allah Swt. 
Disini saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut : 

Bisa disesuaikan...

1. Pembukaan 
2. Pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an 
3. Pembacaan rawi/sholawat nabi 
4. Sambutan-sambutan 
5. Mau’idoh hasanah dan do’a oleh ...
6. Penutup 

Bapak/ibu, para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah Swt. 
Untuk efisiensi waktu, marilah kita mulai acara hari ini.
Acara yang pertama pembukaan. Marilah kita buka acara kita hari ini dengan membaca ummil kitab atau surotul fatihah. Lirido-illahi ta’ala, walisyafa’ati Rosulillah al-Fatihah ……. (bismillahirohmanirohim. Alhamdulillahirobbil alamin .... ) 

Dilanjutkan dengan acara yang kedua pembacaan ayat-ayat suci al-qur’an. Kepada Ibu/Bapak ... waktu dan tempat kami persilahkan.

Acara setelah itu adalah acara yang ketiga yaitu pembacaan rawi/sholawat nabi. Kepada ... waktu dan tempat kami persilahkan.

Dilanjutkan dengan acara yang keempat sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dapat disampaikan oleh .... Pada beliau Kepada beliau  kami persilahkan.

Sambutan yang ke-2 dapat disampaikan oleh .... Pada beliau Kepada beliau  kami persilahkan.

Acara yang kelima yakni acara yang kita nantikan yakni mau’idoh hasanah yang sekaligus dilanjutkan dengan do’a. Dalam hal ini akan disampaikan oleh Bapak/Ibu ……. Kepada beliau dipersilahkan. 

Demikian mau’izoh hasanah yang sudah disampaikan oleh Bapak/Ibu....... 
Semoga mau’izoh hasanah tadi menjadi ilmu yang baik buat mengarungi kehidupan kita sehari-hari.

Bapak/ibu, beberapa hadirin sekalian yang dimuliakan Allah. Sebelum acara saya tutup, perkenankanlah saya di sini mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak-ibu dalam acara ... (sebutkan acaranya). Jika saat membawakan acara ada kekeliruan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya akhiri Wabillahi taufiq wal hidayah…… Wassalamu'alaikun Wr. Wb.
Marilah kita tutup acara kita dengan bacaan kafarotul majlis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa Akhiris Sanah (Doa Lulusan Santri)

DOA AKHIRIS SANAH بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ اَللهم اجْعَلْ حَفْلَتَنَا هَذِهِ حَفْلَةً مُبَارَكَةً وَتَفَرُّقَنَا مِن...