Jumat, 04 Desember 2015

Tata Cara Shalat Tasbih dan Doanya



TATA CARA SHOLAT TASBIH DAN DOANYA

Pengertian
Shalat tasbih termasuk salah satu shalat sunat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kalau bisa dilakukan setiap malam, jika tidak mampu seminggu sekali, jika tidak mampu juga sebulan sekali, jika tidak mampu juga setahun sekali atau tidak mampu juga seumur hidup sekali.
Waktu
Boleh dikerjakan di malam hari atau siang hari. Tetapi dikerjakan di malam hari lebih utama
Jumlah Rakaat
Jumlah rakaatnya 4 rakaat. Jika dikerjakan di malam hari lebih utama dengan dua salam, 2 rakaat 2 rakaat. Dan jika dikerjakan di siang hari dengan sekali salam.
Niat
Niat boleh dilafalkan boleh tidak. Niat juga bisa dengan bahasa sehari-hari. Letak niat adalah di hati. Jika dilafalkan:  
أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ  لِلّٰهِ تَعَالىَ
“Usholli sunnatat tasbih rok’ataini lillahi ta’ala”
Artinya: “Aku (niat) shalat sunnah tasbih 2 rakaat karena Allah Ta’ala”
أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ  لِلّٰهِ تَعَالىَ
“Usholli sunnatat tasbih arba’a raka’atin lillahi ta’ala”
Artinya: “Aku (niat) shalat sunnah tasbih 4 rakaat karena Allah Ta’ala”
Tata caranya
1.       Niat dan takbir
2.       Membaca surat al-fatihah
3.       Membaca surat pendek pilihan kemudian membaca tasbih 15 kali
4.       Ruku’ setelah membaca doa ruku’ membaca tasbih 10 kali
5.       I’tidah selesai membaca doa I’tidal membaca tasbih 10 kali
6.       Sujud setelah membaca doa sujud membaca tasbih 10 kali
7.       Duduk diantara 2 sujud setelah membaca doa membaca tasbih 10 kali
8.       Sujud lagi setelah membaca doa membaca tasbih 10 kali
9.       Sebelum berdiri (duduk istirahat) dan sebelum salam membaca tasbih 10 kali
Jadi total bacaannya adalah 75 per rakaat. Jika dikali 4 maka total jumlah tasbih keseluruhan adalah 300 kali
Bacaan tasbih
سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ
Subhanallah walhamdu lillah wala ilaha illallahu allahu akbar

DOA SHALAT TASBIH

اَللهم اِنَّا نَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ اَهْلِ الهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ اليَقِيْنِ وَمُنَاصَحَةَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ اْلعِلْمِ حَتَّى نَخَافَـكَ. اَللَّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ مَخَافَةَ تُحْجِزُنَا عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى نَعْمَلَ بِطَاعَتِـكَ سُبْحَانَ خَالِقَ النُّوْرِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ.

Rasulullah bersabda: ‘Ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal dan keduanya disukai oleh ar-Rahman, yaitu: Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim’ (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Artinya:" Ya Allah, aku memohon kepada Engkau pertolongan (melakukan kebaikan) sebagaimana yang Engkau berikan kepada orang-orang yang mendapatkan hidayah, amal-amal yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai keyakinan tinggi, nasihat-nasihat orang yang ahli bertaubat, kemauan kuat yang dimiliki orang-orang yang ahli bersabar, kesungguhan orang-orang yang selalu takut (pada-Mu), permintaan orang-orang yang selalu cinta (pada-Mu), beribadahnya orang-orang yang ahli menjaga diri dari perkara subhat, pengetahuan orang-orang yang ahli dalam ilmu (agama) sehingga akupun dapat takut kepada Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu rasa takut yang menjagaku dari melakukan kemaksiatan kepada-Mu, sehingga dengan taat pada-Mu akupun bisa melakukan amal, yang dengannya bisa kuraih rido-Mu dan dengan taubat aku dapat mengambil rasa takut kepada Engkau, dan kumurnikan pada-Mu nasehat karena malu pada Engkau. Dan aku pasrahkan segala urusan pada-Mu karena wujudnya prasangka baik kepada-Mu. Maha Suci Allah Sang Pencipta Cahaya, kesejahteraan dan keselamatan semoga atas penghulu kami Rasululloh Muhammad Saw, atas keluarga-NYa, semua Sahabat-sahabat-Nya, dan segala puji bagi Allah Tuhan Seluruh alam.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa Akhiris Sanah (Doa Lulusan Santri)

DOA AKHIRIS SANAH بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ اَللهم اجْعَلْ حَفْلَتَنَا هَذِهِ حَفْلَةً مُبَارَكَةً وَتَفَرُّقَنَا مِن...