Jumat, 04 Desember 2015

Tata Cara Shalat Qashar



SHALAT QASHAR

Shalat Qashar adalah meringkas bilangan rakaatdalam shalat fardu, dari empat rakaat diringkas menjadi dua rakaat. Oleh karena itu, shalat fardu yang jumlah rakaatnya kurang dari empat rakaat tidak boleh diqasar, seperti shalat Maghrib dan shalat Subuh.
Firman Allah swt :
وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَقْصُرُواْ مِنَ الصَّلاَةِ إِنْ خِفْتُمْ أَن يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُواْ إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُواْ لَكُمْ عَدُوًّا مُّبِينًا

Artinya: “Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, Maka tidaklah mengapa kamu men-qashar sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.” ( Qs An Nisa : 101 )

Syarat Qashar:
1- Niat untuk bersafar/bepergian (Tujuan bepergiannya bukan untuk maksiat)
2- Jarak safar/bepergiannya yaitu 48 mil atau 83 km (Ini pendapat kebanyakan ulama)
3- Atau jika bepergian selama tiga hari tiga malam
4-Melakukan qashar jika sudah keluar dari tempat ia bermukim.  Jika masih berada di tempat ia tinggal maka tidak boleh mengqasar shalat terlebih dahulu.
Dalilnya,
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ صَلَّى النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِالْمَدِينَةِ أَرْبَعًا، وَبِذِى الْحُلَيْفَةِ رَكْعَتَيْنِ.
Artinya: “Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat di Madinah empat raka’at, dan di Dzul Hulaifah (saat ini disebut dengan: Bir Ali) shalat sebanyak dua raka’at.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Disyaratkan niat qashar untuk setiap shalat sejak takbiratul ihram untuk setiap shalat. Sedangkan niat boleh dilafalkan atau tidak. Dan letak niat sesungguhnya di dalam hati.
أُصَلِّى فَرْضَ الظُّهْرِ* رَكْعَتَيْنِ قَصْرًا لِلّٰهِ تَعَالَى
Artinya: “Saya niat shalat fardhu zuhur 2 rakaat karena diqashar karena Allah Ta’ala”.
*Kata Zuhur bisa diganti dengan ‘Asar atau ‘Isya’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa Akhiris Sanah (Doa Lulusan Santri)

DOA AKHIRIS SANAH بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ اَللهم اجْعَلْ حَفْلَتَنَا هَذِهِ حَفْلَةً مُبَارَكَةً وَتَفَرُّقَنَا مِن...