Jumat, 04 Desember 2015

Contoh MC Pengajian Mingguan



CONTOH MC PENGAJIAN MINGGUAN

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ. نَحْمَدُهُ ونَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ اَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَّهْدِهِ اللهُ فَلاَمُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَآ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللّٰهُمَّ  صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبارِكْ وَسَلِّمْ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ.

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatuh. 
Bismillahirrohmanirrohim. Alhamdulillahirobbil alamin. Nahmaduhu wanasta’inuhu wanastagfiruhu. Wana’uzubillahi min syururi anfusina wamin sayyi’ati a’malina. Man yahdihillahu fala mudilla lah, waman yud-lil fala hadiya lah. Asyhadu alla ilaha illalloh wahdahu la syari kalah. Wa asy hadu anna sayyidana muhammadan ‘abduhu warosuluh. Allahumma solli ‘ala sayyidina muhammad wa’ala alihi wasohbihi wabarik wasallim ajma’in. Amma ba’du.

Yang kami muliakan
Yang kami hormati
Dan yang kami cintai teman-teman seperjuangan di Majlis Ta’lim tercinta ini. Semoga Allah selalu meridhai kita semuanya. Amin ….

Puji syukur al-hamdulillah marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Atas limpahan rahmat, taufiq, hidayah dan inayah-nya pada kita semua sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul di tempat yang mulia dan berkah ini. Insya Allah. Dalam acara tolabul ilmi mingguan dengan mengaji, berzikir, dan bershalawat kepada Nabi tercinta Muhammad Saw. tanpa ada rintangan sedikitpun (Amin). 

Solawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan pada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw. yang telah tunjukkan kita jalan yang benar, jalan yang diridhoi Allah Swt. 
Selanjutnya, marilah kita buka acara kita pada malam hari ini dengan bacaan ummul kitab “’Ala hazihin niyah, wa’ala kulli niyyatin shalihah, wa ila hadratinnabiyyil musthofa, wa aalihi wa ashabihi, wa man tabi’ahum bi-ihsanin ila yaumiddin lahumul fatihah

Acara selanjutnya yaitu pembacaan … (sebutkan acaranya misalnya Yasin atau surotul Waqi’ah) yang akan dipimpin oleh … waktu dan tempat kami persilahkan.

Teman-teman majlis ta’lim yang kami cintai dan yang dimuliakan Allah Swt insya Allah, acara selanjutnya adalah … (disebutkan acaranya misalnya mau’idhoh hasanah dan penutupan doa oleh ustadz) yang dalam hal ini akan dipimpin dan dibawakan oleh … waktu dan tempat kami persilahkan. 

Demikian (sebutkan acara terakhir tadi, misalnya mauhidoh hasanah dan do’a penutup) yang sudah disampaikan oleh ... semoga menjadi ilmu yang baik buat mengarungi kehidupan kita sehari-hari.

Bapak/ibu, beberapa hadirin sekalian yang dimuliakan Allah SWT. 
Sebelum saat acara saya tutup, perkenankanlah saya di sini mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak-ibu didalam acara pengajian ini. Serta jika saya saat membawakan acara ada kekeliruan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Saya akhiri Wabillahi taufiq wal hidayah…… Wassalamu'alaikun Wr. Wb.
Marilah kita tutup acara kita dengan bacaan kafarotul majlis ..... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Doa Akhiris Sanah (Doa Lulusan Santri)

DOA AKHIRIS SANAH بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيْمِ اَللهم اجْعَلْ حَفْلَتَنَا هَذِهِ حَفْلَةً مُبَارَكَةً وَتَفَرُّقَنَا مِن...